Asparagus

Apa itu sayur Asparagus???

Siapa yang tidak mengenal salah satu enis sayuran ini, Asparagus namanya!! Anda mungkin sering menyantap makanan ini, tapi anda belum tahu betul apa yang di maksud dengan sayuran asparagus.

Asparagus officinalis adalah jenis sayuran yang telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya. Dengan adanya sifat diuretik tersebut, asparagus berkhasiat untuk memperlancar saluran urin sehingga mampu memperbaiki kinerja ginjal. Asparagus merupakan sumber terbaik asam folat nabati, sangat rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol, serta mengandung sangat sedikit natrium.

Bagian yang dikonsumsi adalah batang muda (rebung) atau tunasnya, jenis asparagus hijau dan putih. Tanaman dengan banyak cabang, daun halus, tinggi1-1,6 m, akar berbonggol. Berumur panjang, reklamasi dapat 5 tahun sekali.

Kegiatan pertanaman yang dilakukan : pembubunan, pemangkasan, pengairan, pemupukan ulang dan pencegahan hama penyakit. Asparagus dapat dipanen bagian rebungnya pada umur 4 bulan setelah transplanting. Rebung ini dipanen setelah muncul di atas tanah dalam keadaan pucuk yang masih menguncup. Ada beberapa teknik memanen, misalnya mencabut dan memangkas batang muda. Ada lagi melalui pemotongan batang muda. Cara yang disebut terakhir diyakini lebih baik karena tidak merusak sistem perakaran tanaman induk. Panen kedua dilakukan pada umur 5 bulan, dengan interval panen 2 hari sekali. Panen berikutnya dilakukan pada bulan ke 6 dan seterusnya bisa dilakukan tiap hari.  Selain di pekarangan terbuka, asparagus juga bisa dikembangkan dalam green house. Dalam kebun terbuka, setiap rumpun menghasilkan 1–3 tunas rebung panjang 12–15 cm. Dalam green house, produksi rebung 3 – 4 tunas / rumpun panjang 15-20 cm.

Aparagus kaya vitamin C, vitamin E, vitamin B6, vitamin A, dan kaya akan serat yang dapat memperlancar pencernaan. Asparagus juga rendah kalori dan tidak mengangung kolesterol serta lemak, sehingga sup asparagus baik untuk orang yang sedang menjalankan diet. Sodium yang dimiliki sayuran ini juga minim, sehingga dapat menangkal tekanan darah tinggi pada tubuh.

Asam folat yang terdapat di Asparagus, berguna untuk mempermudah untuk pasangan suami istri untuk mendapatkan anak. Asam folat juga berguna untuk ibu hamil dan janin untuk mencegah cacat saraf pada bayi. Untuk ibu yang sehabis melahirkan, memakan asparagus secara terus menerus dapat memperlancar ASI.

Asparagus juga mampu memperbaiki sistem kardiovaskuler pada tubuh dengan memperbaiki aliran darah, memperkuat kapiler tubuh dan memperkuat fungsi hati.

Jika kamu yang memiliki radang sendi, mengkonsumsi asparagus adalah obat alami yang mujarab. Asparagus juga berfungsi membuang cairan yang tidak berguna di dalam tubuh lewat cairan urine. Sehingga jangan bingung jika kencing anda sedikit berbau tajam setelah kamu mengkonsumsi asparagus.

Selain itu, asparagus juga dapat mencegah keram saat menstruasi dan memiliki antioksidan yang dapat mencegah efek – efek penuaan. Buat para wanita, asparagus baik untuk mencegah rambut rontok karena asparagus dapat menutrisi rambut hingga ke akar.

Banyak manfaatnya bukan dalam mengkonsumsi asparagus. Selain itu asparagus juga lezat untuk dikonsumsi. Terus memakan asparagus ini dan rasakan manfaatnya pada tubuh.

Incoming search terms:

  • manfaat buah kedondong
  • sayur asparagus
  • manfaat asparagus
  • khasiat sup asparagus
  • apa itu asparagus
  • Apa itu asparagus?
  • sayur asparagus surabaya
  • soup asparagus untuk penyakit maag
  • yang di maksud asparagus
  • manfaat sup asparagus