Buah Salak

Buah Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Ia dikenal juga sebagai sala (Min., Mak, Bug, dan Thai). Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.

Buah salak bayak ditanam untuk dimanfaatkan buahnya, yang populer sebagai buah meja. Selain dimakan plontos, buah salak juga biasa dibuat manisan, asinan, dikalengkan, atau dikemas sebagai keripik. Buah yang muda digunakan untuk bahan rujak.

Helai-helai anak daun dan kulit tangkai daun buah salak dapat digunakan sebagai bahan anyaman, meski tentunya sesudah duri-duri buah salak dihilangkan lebih dahulu. Karena duri-duri buah salak hampir tak tertembus, rumpun buah salak kerap ditanam sebagai pagar.

Penelitian terbaru buah salak yang disampaikan oleh Nurfi Afriansyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen kesehatan RI sebagaimana ditulis dalam tabloid gaya hidup sehat menyatakan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram buah salak kurang lebih 5,5kali lebih banyak dibanding mangga, 3kali dibandingkan jambu biji dan 5kali semangka merah. Sayang tidak disebutkan berapa kalinya wortel.

Biasanya musim buah salak selalu berbarengan dengan buah dukuh. Oleh karena itu tidak ada salahnya Anda membaca khasiat buah duku.

Manfaat Buah Salak

1.    Obat Mata

Salah satu manfaat buah salak adalah sebagai obat mata. Berdasarkan penelitian oleh para ahli kesehatan, buah salak mengandung betakaroten yang bagus untuk mata. Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan mata tetapi bosan jika harus mengkonsumsi jus wortel terus menerus, sekarang Anda punya alternatif lain, yaitu mengganti jus wortel dengan jus salak. Selamat mencoba!

2.    Obat Diare
Ketika Anda terserang diare, jangan buru-buru mengkonsumsi obat-obatan buatan pabrik. Tidak ada salahnya untuk mencoba obat yang alami terlebih dahulu. Dengan mengkonsumsi sebanyak lebih kurang dua puluh gram daging buah salak segar yang masih muda dapat mengurangi penyakit diare. Selain alami, buah ini juga bisa dijumpai hampir di merata tempat.

3.    Cemilan Sehat

Salak sering dijadikan sebagai buah yang biasa dihidangkan di meja. Rasanya ada yang manis, asam, sepat, atau campuran ketiganya. Selain rasanya yang enak dan segar ketika dimakan, buah ini juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan.

Demikianlah Khasiat Buah Salak semoga informasi ini bermanfaat.

Incoming search terms:

  • kopi biji salak
  • kandungan biji salak
  • manfaat kopi biji salak
  • kopi biji salak manfaar
  • kopi salak merah
  • kandungan kopi biji salak
  • jual kopi biji salak
  • penelitian kopi biji salak merah
  • pabrik kopi biji salak
  • mnakalah kopi biji salak